Pada hari Selasa, 2 April 2024 dalam rangka peringatan Hari Buku Anak Internasional, SD Santo Antonius 02 mengadakan kegiatan literasi bersama yang diikuti oleh anak-anak kelas 1 – 6 SD. Pada kesempatan kali ini, sekolah bekerja sama dengan perpustakaan provinsi Jawa Tengah. Kegiatan ini dipandu oleh Ibu Siti Sundari dan Ibu Ninuk Aprilia selaku pustakawati dari perpustakaan provinsi Jawa Tengah. Kegiatan literasi ini dilakukan di dua tempat yaitu di aula dan halaman depan sekolah. Kegiatan ini adalah kesempatan yang baik untuk mendorong kemauan anak-anak dan membangun minat dalam segi membaca, serta meningkatkan literasi mereka. Kolaborasi dengan perpustakaan provinsi Jawa Tengah ini pastinya akan memberikan akses kepada anak-anak untuk lebih mengenal banyak jenis buku, membaca berbagai jenis buku sehingga wawasan mereka dapat bertambah luas.

Selama acara tersebut, terdapat beberapa kegiatan yang dilaksanakan diantaranya anak-anak diberikan kesempatan untuk maju ke depan menyampaikan isi cerita dari buku bacaan yang dibacanya secara singkat, melihat tayangan dan mendengarkan penjelasan video profil perpustakaan provinsi Jawa Tengah, mengenal aplikasi digital perpustakaan provinsi Jawa Tengah, serta membaca buku cerita dan referensi bersama. Kegiatan ini nantinya diharapkan dapat membantu membangun minat anak-anak dalam membaca dan memperluas pemahaman mereka tentang dunia melalui buku. Seperti ungkapan yang sering kita dengar bahwa “Buku adalah jendela dunia”. Saat kegiatan membaca buku bersama anak-anak terlihat sangat antusias dan gembira karena mereka dibebaskan untuk memilih jenis buku bacaan yang akan dibaca.

Selain itu, kegiatan semacam ini diharapkan juga dapat membantu mempromosikan pentingnya literasi dalam masyarakat dan memotivasi orang tua siswa untuk terlibat dalam membantu anak-anak mereka menjadi pembaca yang lebih baik. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat positif bagi anak-anak demi generasi anak bangsa Indonesia yang gemilang.