Pada tanggal 5 Februari 2024, SD Santo Antonius 02 melaksanakan pelantikan Duta Adiwiyata dan Duta Antibullying. Acara ini dipimpin oleh Ibu Kepala Sekolah dengan tujuan meningkatkan kesadaran lingkungan dan memerangi perundungan di lingkungan sekolah.

Pemilihan duta-duta ini dilakukan secara cermat oleh para guru kelas bekerja sama dengan seluruh staf pengajar. Sebanyak 3 siswa dari setiap kelas terpilih sebagai duta, mewakili semangat adiwiyata dan anti-bullying. Para duta ini diharapkan menjadi pelopor gerakan yang mempromosikan lingkungan bersih dan aman.

Sebelum pelantikan, anak-anak yang terpilih telah mendapatkan pengarahan dan pembelajaran khusus, mempersiapkan mereka untuk tugas baru mereka. Pengarahan dilaksanakan hari Senin, 29 Januari 2024, pengarahan ini dilakukan oleh Bapak Antonius Suhari, S. Pd. untuk anak-anak Duta Adiwiyata. Sedangkan Duta antibullying diberikan pengarahan oleh Bapak Antonius Sukata, S. Pd. SD Santo Antonius 02 berharap para duta ini akan menginspirasi teman-teman sekelasnya untuk ikut berpartisipasi dalam mewujudkan lingkungan yang ramah dan bebas dari perundungan.

SD Santo Antonius 02 Banyumanik, Semarang menyelenggarakan pelantikan dokter kecil pada hari Senin (12/2/2024) di Halaman SD Santo Antonius 02, Jalan Kanfer Raya No 30, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah. Pelantikan dokter kecil ini dilaksanakan bersamaan dengan upacara Bendera, dimulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 08.00 WIB. Dr. Puriyanto Wahyu Nugroho (Kepala Puskesmas Padangsari sekaligus Pembina TP UKS SD Santo Antonius 02 Banyumanik, Semarang) sebagai Pembina upacara sekaligus melantik para Dokter Kecil. Susunan acaranya meliputi: menyanyikan mars dokter kecil, mengucapkan Panca Prasetya Dokter Kecil, pemakaian topi dan penyematan pin dokter kecil, serta diakhiri dengan foto bersama.

Pelantikan dokter kecil diikuti oleh siswa kelas 4 tahun pelajaran 2023/2024 dengan jumlah 45 siswa yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Dalam pelantikan ini, Ibu Yasinta Jumirah, S.Pd.SD (Kepala SD Santo Antonius 02 Banyumanik, Semarang) memberikan sambutan ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas terlaksananya pelantikan dokter kecil dan ucapan terima kasih kepada Dr. Puriyanto Wahyu Nugroho atas motivasi yang ditujukan kepada seluruh peserta dokter kecil agar lebih semangat menjalankan tugasnya.

Serangkaian acara pelantikan dokter kecil dilakukan dengan hati yang senang dan penuh semangat. Pemakaian topi dan penyematan pin dokter kecil diwakili oleh 1 peserta putra dan 1 peserta putri. Setelah pemakaian topi dan penyematan pin dokter kecil oleh oleh Dr. Puriyanto Wahyu Nugroho, selanjutnya seluruh  peserta memakai topi dan memasang pin secara bersama-sama.