MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) yang dilakukan di awal tahun pelajaran 2023/2024 dapat berbeda-beda antara satu sekolah dengan sekolah lainnya sesuai dengan kebutuhan dan kebijakan sekolah masing-masing. SD Santo Antonius 02 Banyumanik melaksanakan kegiatan MPLS selama empat hari dimulai dari tanggal 17, 18, 20, dan 21 Juli 2023. Kegiatan MPLS dimulai pukul 06.45 hingga pukul 09.00 dan dilaksanakan di halaman tengah sekolah dengan diikuti oleh seluruh siswa kelas 1 sampai 6 dan para bapak ibu guru. Kegiatan MPLS dapat berjalan lancar sesuai dengan jadwal yang ditentukan dan para siswa mengikuti dengan baik dari awal kegiatan hingga akhir.

Kegiatan MPLS  hari pertama banyak siswa datang lebihawal untuk melihat kelas baru dan mereka senang bisa bertemu kembali bersama teman-teman, bapak ibu guru, dankaryawan. Selama kegiatan berlangsung acara dibawakan oleh Ibu Hatmi dan Ibu Pela. Pertama-tama diawali dengan sapaan, doa pembuka yang dipimpin oleh Bapak Hari, penghormatan bendera diiringi lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan menyanyikan Mars Marsudirini dan Santo Antonius yang dipandu oleh Ibu Yani. Kegiatan dilanjutkan dengan serah terima peserta didik baru oleh Ibu Yasinta sebagai kepala sekolah kepada salah satu perwakilan orang tua murid siswa kelas 1. Kemudian acara dimeriahkan dengan penampilan kulintang yang dilatih oleh Bapak Kiman dan dimainkan oleh anak-anak kelas 3 dan 4 dengan membawakan lagu kolam susu, o ina ni keke, dan Mars Antonius. Dengan adanya penampilan kulintang seluruh siswa merasa terhibur. Kegiatan selanjutnya yang ditunggu-tunggu oleh semua siswa adalah perkenalan guru dan karyawan SD Santo Antonius 02 yang disampaikan oleh Ibu Yasinta selaku kepala sekolah dan kegiatan diakhiri dengan penampilan menyanyi dan menari kakak-kakak kelas 5 dan 6 dengan lagu hari pertama ke sekolah. Selanjutnya siswa kembali ke kelas masing-masinguntuk persiapan pulang.

Kegiatan MPLS hari kedua berjalan lancar. Selama kegiatan berlangsung acara dibawakan oleh Ibu Vero dan Ibu Wur. Diawali dengan doa pembuka yang dipimpin oleh Ibu Septi, dilanjutkan dengan penghormatan bendera diiringi lagu Indonesia Raya, menyanyikan Mars Marsudirini dan Santo Antonius yang dipandu oleh Ibu Agnes. Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian tata tertib sekolah dan seragam sekolah yang disampaikan oleh Bapak Widodo dan Ibu Heni. Selama penjelasan berlangsung, seluruh siswa memperhatikan dari awal hingga akhir. Kegiatan yang terakhir adalah pengenalan Santo Fransiskus Asisi dan Ibu Magdalena Damen, untukkelas 1 sampai kelas 3 dilaksanakan secara bersama-sama di aula dan disampaikan oleh Suster Anas dan Mam Kris. Khusus untuk kelas 4 sampai kelas 6 penyampaian dilakukan di kelas masing-masing bersama bapak ibu guru wali kelas.

Kegiatan MPLS hari ketiga seluruh siswa masih semangat dan antusias. Selama kegiatan berlangsung acara dibawakan oleh Bapak Beni dan Ibu Nana. Diawali dengan doa pembuka yang dipimpin oleh Bapak Rahmadi, dilanjutkan dengan penghormatan bendera diiringi lagu Indonesia Raya, menyanyikan Mars Marsudirini dan Santo Antonius yang dipandu oleh Ibu Hatmi. Kegiatan dilanjutkan dengansosialisasi pemilahan sampah dan kebersihan sekolah yang disampaikan oleh Bapak Anton dengan bantuan dokter kecil untuk mencontohkan kepada siswa lain cara membuang sampah yang benar sesuai dengan tempatnya. Kemudian penjelasan mengenai sekolah Adiwiyata yang disampaikan oleh Ibu Vero. Adanya hiburan penampilan menyanyi dari kakak-kakak kelas 5 dan 6 dan kegiatan diakhiri dengan sosialisasi kegiatan ekstrakurikuler oleh Ibu Pela.

Kegiatan MPLS hari keempat seluruh siswa menggunakan seragam olahraga. Kegiatan diawali dengan doa yang dipimpin oleh Ibu Darsih, dilanjutkan dengan penghormatan bendera diiringi lagu Indonesia Raya, menyanyikan Mars Marsudirini dan Santo Antonius yang dipandu oleh Ibu Agnes. Selanjutnya dilakukan senam Pelajar Pancasila yang diikuti oleh seluruh siswa, bapak, ibu guru, dan karyawan. Selama senam berlangsung, seluruh peserta mengikuti dengan penuh semangat. Setelah senam, kegiatan dilanjutkan dengan Jumat bersih bersama. Kegiatan Jumat bersih dibagi menjadi beberapa kelompok, untuk kelas 1 dan 2 membersihkan halaman tengah, kelas 3 dan 4 membersihkanhalaman belakang, kelas 5 dan 6 membersihkan halaman depan sekolah. Seluruh siswa terlibat aktif dalam kegiatan Jumat bersih sehingga lingkungan sekolah menjadi bersih dan asri. Kemudian diakhiri dengan kegiatan yang menyenangkan yaitu game menggambar yang diikuti oleh seluruh siswa kelas 1 sampai 6. Masing-masing kelas dibagi menjadi 2 kelompok dan setiap anggota kelompok saling bekerja sama membuat gambar dengan tema “Sekolahku”. Hasil gambar yang sudah jadi kemudian diwarnai bersama-sama dengan anggota kelompok. Setelah semua selesai hasil gambar dikumpulkan pada bapak dan ibu guru kemudian anak-anak kembali ke kelas masing-masing untuk persiapan pulang.