Tahun Ajaran Baru 2023/2024 sudah dimulai sejak tanggal 17 Juli 2023/2024 yang lalu. SD Santo Antonius 02 mengawali tahun ajaran baru dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah selama 4 hari untuk kelas 2 s/d 6, sedangkan untuk kelas 2 selama satu minggu.

Sudah menjadi rutinitas di SD Santo Antonius 02 Banyumanik – Semarang dan menjadi agenda tahunan untuk mengadakan Perayaan Ekaristi membuka tahun ajaran baru. Berkenaan dengan hal itu maka di awal tahun ajaran  baru 2023/2024, SD Santo Antonius 02 mengadakan Perayaan Ekaristi pada hari Kamis, 27 Juli 2023 yang dipimpin oleh Rm. Albertus Hesta Hanawijayanto,PR di Gereja Santa Maria Fatima Banyumanik.

Seluruh guru, karyawan dan siswa-siswi berkumpul untuk bersatu dalam doa mengucapkan syukur kepada Tuhan atas berbagai anugerah dan rahmat kasih Tuhan yang telah diterima. Keluarga besar SD Santo Antonius 02 ingin memulai tugas dan karya pelayanannya dengan rasa syukur sambil memohon berkat dan pendampingi dari Bapa di surga.

Anak-anak tampak khusuk mengikuti Perayaan Ekaristi, pada saat awal homili Romo Bertus mencoba membangkitkan semangat dengan menyapa anak-anak tiap kelas secara bergantian dimulai dati kelas 1 .

Rm                   : Mana suaramu?

Anak-anak        : Ini suaraku …

Rm                   : Mana semangatmu?

Anak-anak       : Ini semangatku …

Yang kemudian diakhiri dengan pertanyaan yang sama ditujukan untuk kelas 1 s/d 6 dan dijawab serentak oleh anak-anak kelas 1 s/d 6 dengan semangat yang luar biasa dan suara yang sangat lantang. Suasana semakin semarak ketika anak diajak tepuk kursi dan tepuk tangan untuk mengiringi lagu dengan syair : Ikut Tuhan kita layani sesama SD Antonius yes … yes … yes ….

Untuk mengakhiri homilinya Romo Bertus mengajak kami semua untuk dapat menjadi berkat seperti Tuhan Yesus dan Musa yang menjadi berkat untuk sesama. Dilanjutkan doa umat dan persiapan persembahan. Setelah Doa Syukur Agung dilanjutkan dengan penerimaan komuni dan berkat. Penerimaan komuni diberikan oleh Suster M. Anastasia OSF dan penerimaan berkat untuk anak-anak yang belum menerima komuni pertama diberikan oleh Romo Bertus.

Rangkaian Perayaan Ekaristi Awal Tahun Ajaran Baru 2023/2024 ditutup dengan lagu “ Santo Antonius “ yang merupakan lagu kebanggaan SD Santo Antonius 02. Dengan didampingi bapak/guru kelas masing-masing anak-anak kembali ke sekolah untuk melanjutkan kegiatan belajar dan mengajar hari itu, dengan diiringi lagu “ Aku Diberkati “.Mari mengajak si kecil untuk beribadah bersama ke gereja karena  YESUS berkata: “Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-KU; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga.”  (Matius 19 : 14)