SIKAP DEUS PROVIDEBIT

Yayasan Marsudirini Komplek Bangkong sebagai bagian dari karya dan pelayanan Suster-Suster OSF selalu berusaha meneladan semangat ibu pendiri OSF. Ibu Magdalena Daemen, semangat dan spritualitas ini diharapkan dapat mewarnai setiap karya dan pelayanan semua anggota Yayasan Marsudirini Komplek Bangkong, baik Suster, Guru, Karyawan, siswa dan siswi. Spiritualitas Deus Providebit yaitu percaya akan penyelenggaraan Ilahi.  Bahwa Apa yang terjadi dalam setiap peristiwa hidup kita pertama-tama bukan karena kehendak kita sendiri, tetapi merupakan rencana dan penyelenggaraan Tuhan. Penyelenggaraan  Tuhan   merupakan  sesuatu   yang  tidak  mudah untuk dipahami, namun bila kita mempercayakan sepenuhnya dalam penyertaan Tuhan, maka sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin.Yang dibutuhkan adalah kesetiaan dan ketekunan dalam menghadapi setiap persoalan.

Penyelenggaraan  Tuhan   merupakan  sesuatu   yang  tidak  mudah untuk dipahami, namun bila kita mempercayakan sepenuhnya dalam penyertaan Tuhan, maka sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin. Yang dibutuhkan adalah kesetiaan dan ketekunan dalam menghadapi setiap persoalan. ”Ketika Bapa Fransiskus Assisi dalam keadaan tidak pasti untuk menentukan ketempat mana Tuhan berkenan dilayani, ia lalu memasuki jalan pertama di depannya. Sedangkan saya sekarang, anaknya yang rendah hati, juga tidak tahu ke mana saya harus pergi untuk mendapatkan bahan  pakaian tanpa uang.Karena itu, saya berbuat sama seperti yang dilakukan Bapa Fransiskus Assisi,yaitu mengambil  setiap jalan yang tampak di depan saya sambil berpikir, ‘Tuhanakan menyelenggarakan’.”Kutipan ini menunjukkan  bahwa Ibu Magdalena Daemen sangat percaya bahwa Tuhan akan menyelenggarakan, dengan usaha keras tanpa putus asa, selalu berusaha, dan berfikir, akhirnya Tuhan memberikan jalan yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

”Saya tahu jalan  keluarnya.  Ketika  saya masih bekerja di luar, saya punya sahabat seorang gadis yang saleh. Ia sekarang menikah dengan seorang penjual kain. Suaminya banyak  berbuat baik. Marikita mengunjungi mereka. Saya yakin, mereka akan member kita bahan pakaian tanpa uang, dengan syarat, kita akan membayarnya apabila kita mempunyai uang.” Kutipan ini menunjukkan bahwa Tuhan  memberikan pertolongan kepada kita melalui sesama kita  dengan cara yang tak terduga. Maka Deus Providebit bukanlah sebuah kepasrahan total tanpa sebuah usaha dan proses. Ada beberapa sikap yang harus dimiliki yang dapat menunjukan bahwa kita percaya atau menjalani spritualitas Deus Providebit setidaknya ada delapan sikap yaitu:

  1. Percaya Tuhan memiliki rencana terhadap hidupku
  2. Tidak menyerah dalam menghadapi rintangan ataupun hambatan
  3. Tekun berdoa
  4. Tegar dalam menghadapi cemoohan, hinaan, ataupun ketidakpercayaan
  5. Kegembiraan
  6. Harapan
  7. Syukur
  8. Tidak patah semangat dalam menghadapi kegagalan

Penyelenggaraan Tuhan merupakan sesuatu yang unik. Tidak setiap orang mampu menangkap maksud Tuhan. Kadang-kadang kita tidak menyadarinya dan cenderung mengedepankan emosi. Maka semua anggota yayasan marsudirini Komplek bangkong selalu berusaha memurnikan motivasi dan bertekun di dalam doa agar selalu dapat menghidupi sepiritualitas ibu pendiri dan menjadi sarana pewartaan Kerajaan Allah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *